Langsung ke konten utama

9 Bulan Dibuat Penuh Cinta, Dibuai Penuh Harap


Penulis: dr. Irfan Rahmatullah, Sp.Og
Editor: Syafruddin Murbawono
Tata letak: Bintang Hanggono, M. Rizal Abdi
Ilustrasi isi: Dewantoro Purbo Gesang
Desain sampul: M. Rizal Abdi
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Cetakan: Pertama, 2016
Jumlah hal.: 273 halaman
ISBN: 978-602-03-2328-2

Di dalam buku ini Anda bisa menemukan semua jawaban dari berbagai pertanyaan seputar kehamilan yang akan muncul di benak Anda. Dengan lebih dari 500 dan infografis, buku ini akan membantu Anda menemukan semua jawaban atas pertanyaan Anda.

Informasi mulai dari pra-kehamilan, proses kehamilan, komplikasi-komplikasi kehamilan, hingga persalinan- dan bahkan semua kekhawatiran tentang keadaan yang mempersulit kehamilan – dapat Anda temukan di sini. Buku ini dibuat khusus untuk para calon ibu dan ayah dalam mempersiapkan “extraordinary family” dengan informasi dan ilustrasi yang mudah dipahami.

***
Buku ini terbagi menjadi 11 Bab yang khusus membahas tentang kehamilan, yaitu: Pertama dan yang Pertama Kali; Hamil? Apa yang Harus Dilakukan; Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi; Gaya Hidup Sehat Selama Kehamilan; Menjaga Bayi yang Belum Lahir; Keluhan-Keluhan yang Paling Sering Dirasakan; Seksualitas dalam Kehamilan; Kegawatdaruratan Dalam Kehamilan; Saatnya Persalinan; Persalinan Spesial; dan Masa Nifas dan Saatnya Ber-KB.

 Jika biasanya buku parenting terkait kehamilan akan cukup banyak membahas pula tentang cara mengasuh baya pasca melahirkan, maka buku ini sedikit berbeda. Sejumlah perempuan hamil sering kali membutuhkan buku yang khusus membahas kehamilan saja, terutama bagi mereka yang baru pertama kali merasakan pengalaman menjadi ibu hamil. Sebab sering kali saat usia kandungan kurang dari 4 bulan, maka keinginan untuk fokus mempersiapkan diri menghadapi berbagai keluhan dan kekhawatiran terkait kehamilan akan lebih besar. Persoalan merawat bayi yang baru lahir masih terasa jauh.

Buku ini hadir menjawab kebutuhan perempuan seperti saya. Sejak mendapat kepastian bahwa saya tengah hamil 6 minggu saya mulai mengecek tumpukan buku koleksi saya terkait persiapan menjadi seorang ibu. Saya kemudian menyadari bahwa buku-buku yang saya miliki lebih banyak mempersiapkan saya untuk merawat bayi. Tidak banyak menjawab pertanyaan saya tentang situasi baru yang saya hadapi.

Kini saat usia kandungan saya menginjak 16 minggu, kehadiran buku ini terasa pas. Karena benar-benar membahas tentang kehamilan secara khusus namun dimensi yang lebih luas.

***
Di Bab Pertama, buku ini secara singkat, jelas dan padat membahas tentang persiapan kehamilan. Tentang hal apa yang harus dipersiapkan saat ingin hamil; seberapa penting asam folat; apa itu gen serta pewarisan penyakit melalui gen ini; organ reproduksi; usaha yang disarakan untuk dilakukan jika menginginkan anak laki-laki atau perempuan; serta masalah infertilitas dan cara penanganannya.

Di Bab Kedua, dibahas tentang kehamilan. Bagaimana cara mengetahui kehamilan; bagaimana memperkirakan hari kelahiran; tes yang perlu dilakukan sebelum hamil; juga membahas tentang toksoplasma. Toksoplasma sering kali menjadi momok yang menakutkan bagi mereka yang ingin segera memiliki keturunan. Tidak sedikit yang memilih untuk menjauhi kucing demi terhindar mikroorganisme yang membawa toksoplasma ini. Bahasan tentang hal diulas secara singkat dan jelas (Hal. 81 – 83). Terakhir, bab ini membahas tentang sejumlah pertanyaan yang melintas dibenak saat mengetahui diri positif hamil seperti amankah menggunakan high heels, bolehkah minum kopi setiap pagi, bolehkah makan durian dan daging kambing, serta sejumlah pertanyaan lainnya.

Di bab-bab berikutnya dijelaskan secara jelas perkembangan janin dari minggu ke minggu. Mulai dari ukurannya, bagaimana janin bertumbuh dan berkembang, hingga bagaimana nampaknya kondisi janin saat di USG. Ada juga bab yang menjelaskan tentang gaya hidup sehat selama kehamilan. Seperti pola makan yang tepat, obat-obatan yang aman dan tidak aman bagi ibu hamil, hingga olahraga yang aman bagi ibu hamil. Ada pembahasan tentang keluhan-keluhan umum saat hamil. Juga penjelasana lengkap tentang penyakit lain yang datang saat hamil serta keputusan medis apa yang bisa dilakukan. Hingga pembahasan lengkap tentang persalin dan jenis persalinan yang bisa saja dijalani ibu hamil.

Kesimpulan yang tepat adalah bahwa buku ini benar-benar lengkap untuk membekali ibu hamil, terutama yang baru menjalani kehamilan pertama, sehingga membuat ibu tersebut merasa lebih siap menjalani kehamilan dan persalinannya. Dan secara mental hal ini akan berdampak positif bagi ibu hamil tersebut. 


Kelebihan lain buku ini adalah banyaknya pengetahuan tambahan yang tidak umum dibahas. Seperti bahasan tentang darah tali pusat dan manfaatnya di masa depan. Kehadiran teknologi yang bisa menyimpan darah tali pusat, yang berdasarkan penelitian memiliki banyak manfaat bagi pengobatan di masa depan, masih merupakan hal baru. Namun ternyata sudah ada yang menyediakan pelayanan penyimpanan darah tali pusat ini meskipun dengan biaya yang sangat mahal.

Secara keseluruhan, buku ini bisa menjadi panduan yang pas untuk ibu hamil. Penjelasannya ringkas namun jelas dan sering diberi bagan untuk semakin memudahkan penjelasan seperti yang ada di halaman 10 saat menjelaskan tentang pentingnya asam folat. Atau kehadiran tabel untuk memudahkan mengecek keluhan yang sering dialami ibu hamil beserta penanganannya (Hal. 168). Pun dengan ilustrasinya membantu melengkapi penjelasan yang diketengahkan di dalam buku ini.
Buku ini bisa menjadi pendamping yang baik selama 9 bulan kehamilan. Ini karena sangat mudah mencari sejumlah informasi yang ingin di-crosscheck. Daftar isi yang dilengkapi dengan detail judul sub-bab adalah salah satu faktornya. Selain itu pembahasan yang lengkap terkait kehamilan dan persalinanlah faktor utamanya.
***
Oiya, halaman favorit saya di dalam buku ini adalah “Cerita Tentang Ngidam dan Si Tukang Roti” yang jadi informasi sangat baru bagi saya. Saya jadi satu salah satu asal usul keberadaan cerita tentang ngidam dan kenapa orang-orang berusaha memenuhi keinginan yang diinginkan oleh ibu hamil atas alasan “ngidam” ini.

Postingan populer dari blog ini

Lirik Kawih Dewi Sartika

Sekedar info sebelumnya. Saya bukan orang yang berasal dari tanah Sunda, tapi sedang memijak tanah Sunda. Saya sedang tertarik dengan tokoh "Dewi Sartika" dengan sedikit alasan romantis yaitu bahwa nama saya mengadaptasi nama beliau. Dan semakin saya mengenal beliau semakin saya mengagumi beliau. Nah, saya baru tahu bahwa di tanah Sunda ada lagu tentang Dewi Sartika. Kita mungkin sangat kenal dengan lagu Ibu Kartini tapi tidak tahu tentang beliau.
Maka di blog ini saya menulis sedikit tentang beliau sembari membagi lebih banyak tentang tokoh Dewi Sartika. Saya hanya berusaha adil bahwa beliau pun tokoh yang punya peran penting.
Siapa bilang beliau hanya berkiprah di Bandung. Kiprah beliau keluar Bandung kok. Tapi sudahlah kali ini saya mau membagi lirik Kawih Dewi Sartika. Mudah-mudahan ada yang bisa bantu terjemahkan yah. Maklum saya belum bisa bahasa Sunda :)  Dewi Sartika Kantun jujuluk nu arum Kari wawangi nu seungit Nyebar mencar sa Pasundan Nyambuang sa Nusantara

Dewi Sartika, Simbol Perjuangan Emansipasi Wanita

Pada tanggal 21 April orang Indonesia memperingat Hari Kartini yang dianggap sebagai simbol bagi perjuangan perempuan dalam memperoleh kesetaraan, hal yang selama ini dikenal dengan emansipasi perempuan. Sejak kecil anak-anak Indonesia diajarkan tentag kepahlawanan. Salah satu nama pahlawan nasional yang paling diingat adalah Kartini. Kartini disebut-sebut sebagai pelopor pendidikan bagi perempuan.
Kini saat arus informasi kian deras. Akses atas berbagai bacaan dan opini-opini personal semakin mudah untuk ditemukan, maka sikap kritis dan penggalian fakta semakin sering terjadi. Hal ini membuat beberapa hal dipertanyakan lagi asal muasalnya. Salah satunya adalah tentang dipilihnya Kartini sebagai simbol bagi perjuangan hak perempuan. Sebab ternyata ada satu lagi tokoh perempuan yang juga memiliki peran besar dalam memperjuangkan kesetaraan perempuan tidak hanya dibidang pendidikan namun juga dalam dunia kerja. Ia adalah Raden Dewi Sartika, seorang perempuan dari Tanah Sunda.
Beliau ad…

Sang Perintis: R. Dewi Sartika. Seorang Wanita Cerdas lagi Tangguh

Judul : Sang Perintis: R. Dewi Sartika

Penulis : Yan Daryono

Penerbit : Yayasan AWIKA & PT Grafiti Budi Utami

Tahun : 1996

Tebal : 143 halaman


Menelusuri jejak seorang R. Dewi Sartika ternyata tidak semudah menemukan jejak langkah seorang R.A Kartini. Hal ini masih menjadi pertanyaan bagi saya pribadi. Tak banyak yang tahu mengenai sepak terjang beliau. Padahal beliau menghabiskan hampir seluruh usianya dalam memperjuangkan hak-hak kaum wanita. Terhitung 45tahun beliau menekuni perjuangan untuk wanita memiliki hak untuk mendapatkan pendidikan dan bahkan beliau pun sudah memikirkan tentang ketimpangan perlakuan bagi wanita di dunia kerja.

Dalam buku ini diceritakan tentang kehidupan beliau dan sedikit bernilai drama. Hal ini mungkin karena cara penuturan yang terkesa seperti bercerita sehingga memudahkan pembaca untuk menimatinya.
Dikisahkan tentang latar belakang kehidupan beliau sebagia anak seorang "buangan politik". Ya, Ayah R. Dewi Sartika di asingkan k…