Minggu, 22 Mei 2011

..Bahagia Hari Ini Adalah Pilihan..


“Ugh, kenapa sich hari ini semua orang menyebalkan? Gak ada yang mau ngertiin aku. Aku ngerasa kesal banget. Benar-benar hari yang buruk!”
Hm..kata-kata seperti itu atau yang mirip seperti itu sering kali kita ucapkan (atau sekedar teriakkan dalam hati) saat kita melewati hari yang menguras tenaga secar fisik dan mental. Fuih, kalo bisa sich kita gak akan mau melewti hari seperti itu lagi. Sayangnya, impian muluk itu tidak mungkin terjadi.
Hidup tanpa masalah = mati. Percaya deh kata-kata itu benar banget. Kalau bukan karena kesedihan maka kita tidak akan paham kebahagiaan. Kalau bukan karena masalah maka kita takkan pernah menjadi dewasa..(cie..bijak banget yah).
Nah, kalau masalah wajib ada dalam hidup berarti yang harus kita terima adalah bahwa kita wajib menghadapi masalah. Buat apa ada masalah kalau hanya untuk melarikan diri dari hal itu, iya kan? Tapi bagaimana mungkin kita bisa merasakan kebahagiaan kalau kita harus terus-terusan menghadapi musuh abadi kita itu?
Jawabannya mudah kok. Kamu harus memilih untuk bahagia. Bukan menjadi bahagia karena memang seperti itu. Tapi kamu harus berusaha untuk bahagia dengan menjadikan kebahagiaan hari ini sebagai pilihanmu. Trus kalau sudah memilih untuk bahagia, apa ada yang akan berubah?
Waduh, jelas tidak ada yang akan berubah kalau kita hanya sekedar menjadikannya pilihan dalam ”kertas ujian” di dalam hati.  Kalau ingin perubahan, do somethings to make it real. Kalau sudah memilih untuk bahagia hari ini, maka tindakan berikutnya adalah mencari tahu hal-hal yang bisa kita lakukan untuk membuat hidup kita lebih indah dan berwarna..gak cuma warna muram doang.
Trus apa donk yang harus kita lakukan? Bagaimana kalau lingkungan kita gak mendukung sama sekali untuk bikin hidup kita bahagia? Apa kita harus menjauh dari lingkungan itu? Nah pertanyaan seperti itu biasanya nongol di kepala kita.
Nah, jawabannya simple kok. Tapi prakteknya emang susah banget. Tapi gak ada yang gak mungkin selama kita mau berusaha kan? Nah yang paling pertama adalah tanamkan sikap optimis dalam diri kita. Hal ini bisa dilakukan setiap pagi ketika kita bangun tidur. Saat membuka mata, jangan lupa berdo’a pada Tuhan biar diberi hari yang indah. Tekankan dalam hatimu bahwa Tuhan akan membantu usahamu untuk menjadikan hari ini indah. Setelah itu berdirilah di depan cermin dan tersenyum pada dirimu sendiri seraya ucapkan, ”Selamat melewtkan waktu yang indah, yah!”.
Nah awal pagi yang menyenangkan telah kita lewati, yakinkan hati bahwa pagi yang indah ini akan diikuti keindahan-keindahan berikutnya. Nah, kalau di saat kita melewati hari, ternyata ada yang merusak kebahagiaan kita dengan tindakan atau pun peristiwa yang bikin kita sakit hati, maka tarik nafas dalam-dalam kemudian hembuskan pelan-pelan. Oiya, ada satu kata-kata yang benar banget untuk situasi itu yaitu Dahulukan kesadaran dari pada kemauan. Jadi, jangan ikutin nafsu marah-marah yang menguasai kita tapi pikirkan efek dari tindakan yang kita ambil. Jangan sampai kita putus hubungan sama sahabat hanya karena kesalahan mengambil tindakan. Kan gak enak banget tuh.
Coba untuk selalu berpositif thinking. Emang sih positif thinking itu susah banget (aku juga ngerasain itu..) tapi teruslah melakukannya. Paling tidak dari sepuluh negatif thinking kita bisa ubah lima di antaranya menjadi positif thinking, dan itu lebih baik dari pada punya sepuluh negatif thinking kan? So, be optimis! Lagian positif thinking bikin hidup lebih mudah lho, karena kita tidak perlu menguras tenaga untuk pikiran-pikiran negatif yang sering kali berujung pada kesalahan dalam bertindak. Positif thinking juga akan mengajarkan kita untuk lebih dewasa dan bijak untuk berfikir. Jadi, tunggu apa lagi?! Selimuti dirimu dengan hal-hal positif dan pikiran positif.
Lantas, apakah positif thinking udah cukup? Belum. Tahu gak, kalau senyum dan tawa itu benar-benar menularkan virus happy. Coba deh, pas lagi badmood kita banyak-banyakin ngumpul ama teman yang ngocol dan lucu. Dijamin rasa bete’ bakalan berkurang. Terkadang kita tidak perlu alasan khusus untuk tersenyum kok. Salah satu cara menikmati hari dan membuatnya berwarna adalah dengan senyum.
Masih susah senyum karena merasa gak ada alasan? Hm..pernah gak kamu menikmati pemandangan alam dan kegiatan orang-orang yang ada di sekitar kamu? Apa senyum yang menunjukkan kesyukuran atas nikmat-Nya karena memberi hujan yang kan menumbuhkan bunga-bunga indah masih belum cukup menjadi alasan untuk tersenyum? Coba juga kamu berfikir bahwa kamu belum tentu dapat menikmati keindahan itu besok, jadi syukurilah karena kamu bisa melihat semua itu hari ini. Percaya deh, kesyukuran itu akan membawa ketenangan yang kan membuatmu lebih mudah meenjalani harimu.
Tahu gak kalo kekuatan senyum itu dahsyat banget. Terkadang senyum dari orang yang kita ’kagumi’ sudah sukses bikin hati kita berbunga-bunga. Senyum dari sahabat akan melunturkan rasa kesepian yang sempat menghinggapi hati. Trus senyum untuk diri sendiri akan membuat kita makin cinta dan menghargai diri kita sendiri. Jadi, tersenyumlah!
Oiya, hampir lupa. Satu hal lagi yang harus kita perhatikan yaitu jangan melakukan kegiatan dengan terburu-buru lebih baik cepat dari pada telat. Jadi usahakan jangan telat bangun, biar pergi ke sekolah atau ke kampus gak terburu-buru karena takut terlambat. Ketika terburu-buru, kita tidak bisa menikmati hal-hal indah yang kita lewati selama perjalanan. Jadi, usahakan jangan  terburu-buru dalam melakukan sesuatu coba nikmati tiap prosesnya kalau perlu catat semua hal yang menyenangkan hari itu dengan harapan kamu bisa melihat lebih banyak hal-hal yang menyenangkan yang selama ini kamu lewatkan.
Mau coba? Nah, kamu bisa mencobanya dengan menikmati perjalanan ke sekolah. Coba lihat keluar jendela, perhatikan tetets air hujan yang menetes dari helai-helai daun, liat awan dan coba tebak ada bentuk apa di sana. Trus kalau ketemu lampu merah, coba perhatikan tingkah anak jalanan maupun para pengendara. Terkadang ada hal yang lucu maupun aneh yang bisa kita temukan dari situasi-situasi itu.
Jadi, awali dan akhiri hari dengan senyuman. Tanamkan rasa percaya dirimu dan mulailah harimu dengan bersemangat dan ingat jangan terburu-buru! Nikmati setiap proses yang terjadi. Yakinlah bahwa BAHAGIAMU HARI INI ADALAH PILIHANMU! Jadi, jiwamu menunggumu mewujudkan kebahagiaan itu.


26 Desember 2007


*ditemukan tercecer dalam file2 lamaQ*

2 komentar:

  1. Banyak sekali hal di dunia ini terjadi di luar pilihan kita, Apakh Menderita ataupun kesedihan itu juga Pilihan?????
    Kalau Kebahagiaan itu bisa di pilih maka semua orang tidak ada yg memilih menderita,..
    "Penderitaanmu Hari ini Adalah Pilihanmu"

    BalasHapus
  2. ayolah..jangan pesimis begitu..seberapa pun menderitanya kita, kita bisa mengubahnya menjadi pendorong untuk meraih kebahagiaan..penderitaan itu bukan pilihan tapi menjadi ujian dariNya untuk melihat apakah qta telah lulus dari "sekolah kehidupan"..

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga berkenan meninggalkan jejak (^_^)